Perintah dan Ayat Tentang Hijab Dalam Qur’an

perintah ayat tentang hijab
Gambar wanita berhijab. @google

Sebagai muslimah, taat terhadap perintah Allah yang termuat dalam Qur’an adalah sebuah keharusan dan kebutuhan. Terdapat beberapa ayat tentang hijab dalam Qur’an yang secara tegas memerintahkan muslimat untuk menjulurkan kain jilbab ke seluruh tubuhnya.

QS. Al-Ahzab 33:59

quran-surah-al-ahzab-33-59

Artinya,

Wahai Nabi! Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin, β€œHendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Qur’an surah Al-Ahzab ayat 59 diatas tidak perlu diinterpretasikan ulang. Perintahnya sudah jelas dan tidak bisa ditawar lagi. Isteri dan anak perempuan diperintahkan untuk menutupkan jilbab ke seluruh tubuh. Dan kelanjutan dari ayat tersebut juga salah satunya menyebutkan alasan kenapa harus berjilbab, yakni agar tidak diganggu.

QS. An-Nuur 24:31

quran-surah-an-nuur-24-31

Artinya,

Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

Secara tegas, Qur’an Surah An-Nur 24:31 diatas memerintahkan kepada setiap mukminat tanpa perkecualian. Semua yang menyatakan dirinya sebagai muslimah beriman, maka hendaknyalah mereka menjaga pandangan serta menjaga kemaluan. Penting kita ketahui bahwasannya awal mula perzinahan yang dilaknat oleh Allah SwT bermula dari tidak terjaganya kemaluan.

Berawal dari pandangan yang tidak diperkenankan karena nampaknya aurat wanita yang seharusnya ditutupi, berlanjut pada interaksi liar melanggar syariat hingga akhirnya berujung pada perzinahan. Hal ini banyak kita jumpai tidak hanya pada ABG (Anak Baru Gede) atau remaja yang baru mencari jatidiri, melainkan juga menjadi “penyakit” yang juga mengancam pasutri pada setiap rumah tangga. Tentunya, mencegah lebih baik dari mengobati bukan?.

Kapan harus mulai ‘hijrah’ untuk berhijab?, sekarang juga!. Setiap muslimah tidak ada waktu lagi untuk menunda melaksanakan kewajiban berhijab. Hanya saja butuh perjuangan ekstra untuk menjalankannya. Terlebih bagi muslimah yang tidak mengalami pembiasaan sejak usia dini. Sekedar berjilbab saja, tanpa harus mengenakan hijab syar’i menutup dada, hal itu membutuhkan upaya sungguh-sungguh. Paling sulit adalah menjaga ke-istiqomah-an untuk senantiasa “menjulurkan jilbab” hingga menutup dada.

Sebagai muslimah, sebagai mukminat mari saling mendoakan agar diri ini senantiasa istiqomah menunaikan perintah agama. Ayat tentang hijab telah jelas dan terang benderang di dalam Qur’an tanpa perlu ditafsirkan lagi.

Mari berhijrah, menjadi wanita sesuai dengan fitrahnya. Menuju kemuliaan dan kejayaan umat Islam. Aamiin πŸ™‚

LUQIHIJAB.COM – Toko online jilbab & busana muslimah
ALAMAT Perum Mastrip Blok X No.4, Jember, Jawa Timur
WHATSAPP 0852 2031 0329 TELP./SMS 0813 5831 6163