6 Cara Melunakkan Daging Dengan Pelunak Daging Alami

cara-melunakkan-daging-dengan-pelunak-daging-alami

Hari raya Idul Adha atau Idul Qurban sebentar lagi. Berikut ini tips cara melunakkan daging (kambing dan/atau sapi) menggunakan bahan pelunak daging alami yang insyaAllah aman untuk konsumsi.

Mengapa harus dilunakkan?, selain agar lebih nikmat, juga agar dapat dinikmati oleh anak-anak hingga lansia yang kesulitan mengunyah makanan liat dan keras. Semakin banyak yang dapat menikmati daging kurban, semoga menambah keberkahan ibadah Qurban itu sendiri.

Daging kambing atau sapi yang dilunakkan dengan menggunakan bahan-bahan alami relatif aman dan tidak membahayakan bagi tubuh. Dan tak kalah penting, melunakkan daging jangan sampai mengubah cita rasa dari daging tersebut saat diolah menjadi masakan tertentu.

Pelunak daging alami yang bisa dipakai adalah bahan mengandung Enzim Proteolitik (Proteolytic Enzymes)atau disebut juga dengan protease, proteinase, or peptidase. Itu kuncinya, jadi apapun jenis bahan tradisional yang mengandung enzim proteolitik insyaAllah bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging.

Karena fungsi dari Enzim Proteolitik adalah untuk mengurai protein menjadi molekul yang lebih kecil. Sehingga daging sapi dan kambing mentah yang telah diberi enzim tersebut memiliki kecenderungan tekstur lebih empuk dan tidak liat.

Pelunak daging alami dengan kandungan Enzim Proteolitik, antara lain:

1. Daun Pepaya

Di desa-desa, daging kurban biasanya juga sekaligus ditutup dengan daun pepaya. Hal ini sangat menguntungkan terlebih jika didiamkan beberapa saat daging terbungkus daun pepaya. Enzim Proteolitik pada papain dianggap cukup efektif melunakkan daging sapi atau kambing yang keras.

2. Buah Pepaya

Sama dengan daun Pepaya. Buah pepaya terlebih yang masih muda mengandung banyak papain. Zat papain (Enzim Proteolitik) banyak ditemukan pada buah pepaya muda. Caranya dapat dilakukan dengan merajang pepaya muda diatas daging yang hendak diolah.

3. Buah Nanas

Buah nanas digunakan untuk melunakkan daging sudang cukup familiar dikalangan masyarakat. Namun tidak semua paham mengapa nanas bisa dimanfaatkan sebagai pelunak daging. Dalam hal ini, buah nanas yang disarankan adalah nanas muda (mengandung enzim Bromelin). Caranya dapat dilakukan dengan melumuri daging dengan air parutan nanas muda.

4. Rimpang Jahe

Air parutan rimpang jahe. Penggunaan jahe sebagai pelunak daging harus menyesuaikan selera dan tujuan pengolahan makanan berikutnya. Jika tidak, dikhawatirkan dapat mempengaruhi cita rasa masakan yang dibuat. Namun, jika masakan tersebut memang menggunakan jahe sebagai bumbu tambahan, hal itu sangat menguntungkan (kebetulan).

5. Buah Kiwi

Buah kiwi tidak hanya nikmat sebagai sajian minuman atau dikonsumsi langsung. Melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk melunakkan daging karena kaya kandungan Enzim Proteolitik yang dapat digunakan untuk membantu melunakkan daging. Sedangkan takaran dan cara juga dapat disesuaikan dengan selera.

6. Buah Tin

Buah Tin oleh masyarakat disebut juga dengan buah Ara mengandung Enzim Proteolitik. Di Indonesia masih jarang buah ini, namun sepertinya sudah mulai ada yang membudidayakannya.

Ke-enam bahan pelunak daging alami diatas dapat dipersiapkan sebelum pelaksanaan hari H penyembelihan hewan Qurban Idul Adha, sehingga daging dapat segera dilunakkan sesaat setelah pemotongan dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama saat mempersiapkan bahan-bahan tersebut.

Meskipun pelunak daging di atas berasal dari bahan alami, pastikan tidak berlebihan dalam menggunakannya serta tetap memperhatikan kebersihan serta higinietas dari daging tersebut agar tetap aman, sehat serta berkah untuk dikonsumsi.

Selamat Idul Qurban 🙂

(Visited 33 times, 1 visits today)

LUQIHIJAB.COM – Toko online jilbab & busana muslimah
ALAMAT Perum Mastrip Blok X No.4, Jember, Jawa Timur
WHATSAPP 0852 2031 0329 TELP./SMS 0813 5831 6163